SELAMAT DATANG KE wowCLICKzone, TERIMA KASIH KERANA BERKUNJUNG,SEMOGA APA YANG DIKONGSI DISINI BERMANAFAAT KEPADA ANDA...

PANDUAN MULA BERBLOGGING

Membuat blog

Untuk memulai sebuah blog dengan Blogger, kunjungi homepage Blogger , masukkan username dan password, dan klik Masuk Masukkan nama tampilan dan. menerima Syarat Layanan Blogger. Lalu klik Buat Blog link dan memulai!

Pilih sebuah alamat (URL) dan judul blog. Kemudian, pilih blog favorit Anda template (ini adalah bagaimana blog Anda akan terlihat ketika Anda mempublikasikannya). Sekarang kreatif, menambahkan informasi ke profil pribadi Anda, dan menyesuaikan bagaimana blog Anda terlihat, jika Anda merasa sanggup melakukannya. Mulai blogging sekarang!

Menulis posting Anda

 Tonton video tentang cara posting ke blog Anda

Setelah Anda sudah sign in ke Blogger, Anda akan melihat dashboard dengan daftar blog. Inilah yang perlu Anda lakukan:

    Klik ikon pensil oranye untuk menulis posting baru, dan memasukkan apa pun yang Anda inginkan untuk berbagi dengan dunia.
    Berikutnya, Anda akan melihat halaman Post Editor. Mulailah dengan memberikan judul posting Anda (opsional), kemudian masukkan posting sendiri:

Posting baru
  1. Ketika Anda sudah selesai, klik Preview tombol di atas untuk memastikan itu siap untuk pergi, dan kemudian klik Publikasikan tombol untuk mempublikasikan posting Anda.



Tambahkan gambar

Anda dapat menambahkan gambar dari komputer Anda atau web untuk blog Anda. Klik ikon gambar di toolbar Editor Posting. Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk mencari file gambar di komputer Anda, atau masukkan URL gambar di Web.
Setelah Anda memilih gambar Anda, Anda kemudian dapat memilih sebuah layout untuk menentukan cara gambar Anda akan muncul di posting Anda:
  • The 'Kiri', 'Pusat', dan 'Kanan' pilihan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan cara teks blog Anda akan mengalir di sekitar gambar Anda.
  • Opsi 'Ukuran foto' akan menentukan seberapa besar gambar akan muncul dalam posting Anda.

Klik UPLOAD GAMBAR untuk menambahkan gambar Anda, kemudian klik DIBUAT ketika jendela pemberitahuan muncul mengatakan bahwa 'citra Anda telah ditambahkan. " Blogger kemudian akan kembali Anda ke post editor, di mana Anda akan melihat gambar Anda siap untuk dipublikasikan ke blog Anda.

Anda juga dapat mempublikasikan foto ke blog Anda menggunakan perangkat mobile Anda, gratis dari Google perangkat lunak foto Picasa , atau layanan pihak ketiga seperti flickr . Selengkapnya

Tambahkan video

Untuk menambahkan video ke posting blog Anda, klik ikon film yang strip di toolbar Editor Posting di atas di mana Anda menulis teks blog Anda. Sebuah jendela akan muncul meminta Anda untuk 'Tambahkan video ke posting blog Anda.'
Klik Telusuri untuk memilih file video dari komputer Anda yang ingin meng-upload. Perhatikan bahwa Blogger menerima AVI, MPEG, QuickTime, Real dan Windows Media file dan video Anda harus kurang dari 100MB dalam ukuran.
Sebelum meng-upload video Anda, tambahkan judul di kotak 'Video Title' dan setuju dengan Syarat dan Kondisi (Anda hanya harus melakukan ini pertama kali yang Anda upload video dengan Blogger). Kemudian klik UPLOAD VIDEO .
Sementara upload video Anda, Anda akan melihat sebuah placeholder dalam editor posting yang menunjukkan di mana video Anda akan muncul. Anda juga akan melihat pesan status di bawah post editor membiarkan Anda tahu bahwa Anda meng-upload sedang berlangsung. Tergantung pada ukuran video Anda, ini biasanya berlangsung sekitar lima menit. Ketika selesai, video Anda akan muncul di editor posting.
Ingin melihat ini tindakan? Klik link untuk menonton video tentang cara untuk menambahkan video ke posting blog Anda:


Menyesuaikan tata letak Anda

Template Anda adalah cara yang menyenangkan untuk menyesuaikan blog Anda. Ketika membuat sebuah blog baru, Anda pertama kali diminta untuk memilih template default, ini adalah desain dasar blog Anda. Anda dapat memilih dari sekian banyak template untuk blog Anda, cukup pilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, Anda dapat menyesuaikan desain blog Anda menggunakan intuitif kita drag-and-drop interface. Anda juga dapat menambahkan gadget yang kuat seperti tayangan slide, jajak pendapat pengguna, atau bahkan iklan AdSense . Mengubah font dan warna di blog Anda adalah mudah juga. Jika Anda menginginkan kontrol yang lebih tepat atas layout blog Anda, Anda juga dapat menggunakan fitur Edit HTML. Untuk mengedit layout blog Anda, ikuti langkah berikut:
  1. Klik link Layout dari menu drop-down pada dashboard Anda di bawah blog yang ingin Anda menyesuaikan.
  2. Dasbor
  3. Dari sana, klik Sunting untuk mengedit gadget yang ada, atau Tambah Gadget untuk menambahkan yang baru.
  4. Untuk menambahkan gadget baru setelah Anda mengklik Tambah Gadget , cukup klik tanda plus di sebelah gadget yang Anda inginkan. Anda dapat memilih dari gadget berdasarkan kategori, atau mencari gadget tertentu di bagian kanan atas jendela pop-up. daftar gadget
  5. Setelah Anda menambahkan informasi yang diperlukan untuk gadget yang dipilih, klik jeruk Simpan pengaturan tombol. Perubahan tata letak Anda akan muncul langsung.

Privasi dan hak akses

Secara default, blog Anda benar-benar publik, dan dapat dibaca oleh siapapun di internet. Namun, jika Anda ingin tetap pribadi, Anda dapat melakukannya juga. Anda dapat mengubah pengaturan pada Pengaturan | Dasar tab.
  1. Di bawah bagian 'Pembaca Blog', Anda mungkin akan melihat 'Siapa' dipilih sebagai default. Bila Anda mengubah ini untuk 'Hanya para pembaca,' Anda akan mendapatkan Pembaca Tambahkan tombol.
  2. Klik Pembaca Tambahkan tombol dan kemudian masukkan alamat email dari orang yang Anda ingin memberikan akses ke blog Anda. Untuk menambahkan beberapa orang, pisahkan alamat mereka dengan koma.
  3. Untuk setiap alamat masuk, Account Google yang terkait dengan alamat yang akan diberikan akses untuk melihat blog Anda. Jika alamat tidak terkait dengan rekening, orang itu akan menerima email undangan dengan link yang memungkinkan mereka melakukan salah satu dari tiga hal:
  • Masuk ke account yang ada.
  • Buat account baru.
  • Melihat blog Anda sebagai tamu (account tidak diperlukan).

Ikuti blog lain

Dengan fitur Blogger Setelah Anda dapat melacak blog yang Anda ikuti melalui Anda Daftar Bacaan di dashboard Blogger. Ada beberapa cara untuk menjadi pengikut blog. Salah satu cara termudah adalah dengan mengunjungi blog yang telah menambahkan 'Setelah' widget, iklan kemudian ikuti langkah-langkah:
  1. Klik IKUTI BLOG INI link di bawah widget 'Pengikut'. berikut blog
  2. Anda kemudian akan melihat jendela pop-up dengan baik mengikuti pilihan untuk umum atau anonim 
  1. pengaturan untuk blog berikut






Pilih bagaimana Anda ingin mengikuti blog, kemudian klik oranye IKUTI tombol. Sekarang kau seorang pengikut blog! Jika Anda memilih untuk mengikuti blog publik, gambar profil Anda akan ditampilkan di blog dengan link ke profil Blogger .
Ketika Anda menjadi seorang pengikut dari sebuah blog, blog juga akan ditambahkan ke Daftar Bacaan pada dashboard Blogger Anda. Selain itu, Anda bisa menjadi pengikut setiap blog atau URL (bahkan jika blog tidak memiliki widget 'Pengikut') dengan menambahkan blog ke Daftar Bacaan Anda pada dashboard.
Next Previous Home